Kenapa Harus Promosi ?

Dalam bisnis, promosi adalah sebuah strategi yang dilakukan untuk menginformasikan serta mempengaruhi target konsumen untuk akhirnya membeli produk. Promosi penting untuk dilakukan agar calon konsumen tertarik untuk melakukan pembelian produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Promosi sangat penting dilakukan oleh berbagai kalangan pebisnis, entah itu pebisnis skala kecil maupun pebisnis skala besar. Meskipun promosi merupakan hal penting dalam bisnis, namun masih banyak pebisnis yang menganggap enteng promosi atau bahkan terlalu yakin dengan bisnisnya sehingga tidak perlu menjalankan promosi.

Jadi sebenarnya, promosi itu penting atau tidak? Untuk mengetahui lebih lanjutnya berikut ini beberapa alasan mengapa promosi sangat penting untuk dilakukan:

1. Menciptakan Brand Awareness

Alasan pertama mengapa Anda wajib melakukan promosi adalah promosi dapat menciptakan brand awareness. Bahasa sederhana dari istilah ini adalah membuat produk Anda dikenal oleh konsumen. Sederhananya seperti ini, bagaimana produk Anda bisa terjual banyak jika konsumen saja tidak mengenal produk Anda. Ini adalah alasan paling dasar dari sebuah strategi promosi yang kita lakukan. Strategi promosi dengan tujuan ini sangat penting dilakukan untuk produk yang baru saja diluncurkan atau belum banyak dikenali.

2. Promosi Penting untuk Membangun Merek

Alasan penting selanjutnya adalah promosi berperan penting untuk membangun merek. Ketika konsumen sudah mengenal produk Anda (brand awareness tinggi), langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menciptakan kesan merek positif (brand image). Merek tidak cukup hanya terkenal, merek tersebut harus dibangun menjadi merek yang memiliki citra positif yang kuat. Salah satu cara untuk membangun merek yang memiliki citra positif ialah fokus pada kualitas dan layanan yang baik.

3. Promosi Bertujuan Untuk Meciptakan Loyalitas Konsumen

Promosi bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen menjadi sangat penting agar konsumen tidak beralih ke pesaing. Pebisnis bisa melakukan berbagai langkah untuk membangun loyalitas konsumen, seperti diadakannya program promosi berhadiah, point reward, memberikan harga khusus saat moment tertentu, paket bonus produk, dan lain sebagainya.

4. Sarana untuk Edukasi Konsumen

Promosi berperan untuk menyampaikan suatu pesan kepada target konsumen Anda. Promosi juga bisa menjadi sarana edukasi konsumen tentang manfaat produk Anda. Sebagai produk yang relatif baru atau belum terkenal, Anda sebagai pemilik produk wajib untuk mengedukasi konsumen tentang kegunaan produk, cara pakai produk, dan berbagai hal yang berhubungan dengan produk. Hal ini menjadi alasan penting mengapa promosi wajib untuk dilakukan.

Sebuah promosi tidak akan lengkap bila bisnis Anda tidak punya rumah. Seperti yang Anda tahu, rumah untuk bisnis Anda adalah sebuah toko atau kios. Namun, lain halnya dalam dunia online, rumah untuk bisnis Anda adalah website. Memiliki website menjadi suatu kebutuhan wajib untuk sebuah bisnis karena selain dapat memudahkan transaksi pembelian untuk konsumen, dengan website Anda juga bisa melakukan promosi tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

(sumber: https://webpraktis.com/blog/alasan-penting-mengapa-promosi-wajib-dilakukan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *