indikator kepuasan pelanggan

Indikator Kepuasan Pelanggan

Pentingnya memperhatikan kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan menjadi kunci perkembangan suatu usah atau bisnis. Siapa bilang setelah closing pembeli di biarkan atau tidak bisa membuat bisnis berkembang?, kenyataannya itu adalah kesalahan. Selalu menjaga hub yang baik dengan konsumen menjadi hal yang dapat mempengaruhi berkembangnya suatu bisnis. Termasuk kepuasan pelanggan, jangan pernah meremehkan hal ini. Ukur kepuasan pelanggan untuk mengevaluasi bisnis agar bisa cepat berkembang. Lalu bagaimana cara mengukur indicator kepuasan pelanggan. Pada artikel ini kita akan membahas tentang cara mengukur indikator kepuasan pelanggan.

Penasaran bahgaimana cara nya?. Baca sampai selesai karena ini merupakan hal yang penting apabila ingin memiliki pelanggan setia.

Indikator Kepuasan Pelanggan

Indikator kepuasan pelanggan menjadi alat ukur untuk menilai tingkat kepuasan pembeli atau konsumen setelah menggunakan atau membeli jasa atau barang yang di beli. Kepuasan ini juga ada beberapa sumber atau datanya.

Manfaat kepuasan pelanggan bagi perkemnbangan bisnis

Kepuasan pelanggan memiliki pengaruh dengan perkembangan suatu bisnis. Dengan adanya banyak konsumen yang merasa puas terhadap produk maka akan meningkatkan market juga. Lalu seperti apa saja keuntungan dari konsumen yang merasa puas terhadap produk atau layanan yang di berikan?. Berikut ini beberapa keuntungan dari kepuasan pelanggan :

1. Penjualan dapat meningkat

2. Bisa membuat bahan untuk promosi

3. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Indikator kepuasan pelanggan

Indikator kepuasan pelanggan di dapatkan dari beberapa hal terkait produk atau layanan yang di tawarkan. Berikut ini beberapa sumber indicator kepuasan pelanggan terhadap bisnis.

1. Harga

Hal yang paling menjadi pertimbangan utama calon pembeli adalah harga dari produk atau layanan itu sendiri. Berbicara tentang harga tentu menjadi hal yang sensitive lalu apa kah harga yang murah saja cukup?, atau harga yang mahal pasti kalah dengan harga murah?, kenyataannya hal itu tidaklah berpengaruh.

Kembali lagi berbicara tentang harga, 50% lebih konsumen tertarik dengan harga yang murah. Hal itu bisa diterapkan tetapi yang perlu di perhatikan harga yang di tawarkan haruslah sebanding dengan produk yang di berikan. Dengan demikian dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Berbeda lagi dengan harga yang mahal tetapi produk yang di dapat lebih dari yang di cari bahkan mendapatkan keuntungan yang lebih. Itulah tadi pengukuran indicator kepuasan pelanggan dari segi harga.

2. Pelayanan

Apakah kalian pelayanan mempengaruhi perkembangan suatu bisnis?, jawabannya benar sekali. Pemberian pelayanan yang baik maka akan membuat pelanggan atau monsumen merasa senang.

Nah, Indikator kepuasan pelanggan pun bis akita dapatkan dari pelayanan yang di berikan perusahaan atau pebisnis kepada pelanggannya. Dengan pemberian pelayanan yang bagus akan membuat pelanggan merasa dihargai yang menyebabkan pelanggan merasa nyaman berkunjung ke tempat bisnis dan tidak menutup kemungkinan mereka akan melakukan repeat order.

Perusahaan atau bisnis yang tidak menghiraukan pelayanan tidak menutup kemungkinan bisnis itu susah berkembang dan bahkan bisa tidak bertahan lama. Oleh sebab itu meningkatkan pelayanan menjadi hal yang sangat penting agar bisnis bisa cepat berkembang.

Contoh :

Konsumen yang mengunjungi atau menghubungi kita merasa bingung dengan produk yang kita tawarkan. Peranan CS terkait pelayanan sangatlah berpengaruh, lalu seperti apa yang harus di lakukan agar dapat meningkatkan pelayanan atau konsumen merasa puas?. Apabila ada konsumen yang bingung dengan produk bisa di jelaskan secara rinci sesuai dengan info yang diinginkan pelanggan. Selain itu apabila pwerusahaan memiliki promo atau penawaran bisa di tawarkan ke konsumen tentunya dengan disertai point point keuntungan atau kelebihan dengan memakai atau membeli produk tersebut.

Pahami kebutuhan dan keinginan konsumen dan berikan solusi yang bisa membantu dan tentunya lakukan dengan ramah. Closing ataupun tidak tetaplah memberikan peayanan yang ramah dan baim tentunya karena tidka menutup kemungkinan orang yang tanya tersebut bisa Kembali lagi mengubungi kita.

Baca Juga : Website atau Marketplace

3. Marketing

Marketing menjadi topik yang perlu di garis bawahi. Hal tersebut terkait dengan produk, penawaran dan kesesuaian. Lalu apa yang perlu di perhatikan?, perhatikan kesesuaian produk atau penawaran yang di berikan. Penawaran atau gaya bahasa iklan yang memberikan harga bersaing dengan banyak kelebihan bisa membuat boomerang buat pelaku bisnis, kenapa demikian?.

Pelanggan yang melihat iklan atau penawaran menarik yang memutuskan membeli produk tentunya memiliki ekspektasi tinggi denga napa yg di tawarkan. Apabila yang di dapatkan tidak sesuai dengan yang di tawarkan tentu akan membuat pelanggan kecewa karena tidak sesuai dengan ekspektasi, imbasnya bisa membuat brandawareness menurun. Yang lebih parahnya bisa membuat bisnis susah berkembang.

Itulah tadi salah satu indicator kepuasan pelanggan yang di dapat dari segi marketing. Gunakanlah gaya bahasa atau penawaran yang memang sesuai dengan yang di tawarkan pada konsumen. Dengan demikian pelanggan akan merasa puas karena apa yang di dapat memanglah sesuai denga napa yang di tawarkan.

4. Akses

Yang di maksud akses disini mencakup banyak hal, dalam arti kemudahan pelanggan untuk akses bisnis kita. Akses yang mudah akan membuat konsumen marasa senang karena dapat di dapatkan secara mudah. Lalu seperti apa akses yang di maksud disini.

Akses tersebut bisa berupa akses mendapatkan atau membeli produk tersebut. Akses untuk mendapatkan informasi seperti diskripsi produk, Promo, Tempat, no tlp dan masih banyak lagi. Tentunya apa bila semua itu dapat di cari dengan mudah akan menambah nilai kepuasan yang lebih. Lalu bagai mana caranya untuk mewujudkan semua itu?. Akses tersebut bisa di wujudkan dengan menggunakan website, dengan memilih jasa pembuatan website profesional semua itu bisa terwujud. Seperti salah satu web developer terbaik Cerise mampu mewujudkan semua itu. Dengan di dukung oleh team berpengalaman di bidangnya siap mewujudkan keinginan. Dengan performa handal dan di dudukung layanan full support.

5. Emosional

Yang selanjutnya adalah emosional, apakah emosi bisa mempengaruhi indikator kepuasan pelayanan? Jawabannya adalah iya. Memberikan apresiasi seperti ucapat terimakasih karena telah memberi produk dapat memberikan kenyamanan konsumen. Tentunya hal ini mampu mempengaruhi emosi atau emosional kosnsumen.Oleh sebab itu konsumen akan merasa senang dan suka dengan produk kita.

6. Pengalaman

Pengalaman konsumen dapat menjadi indicator kepuasan pelanggan selanjutnya. Setelah memakai atau menggunakan produk akan mempengaruhi berjalanannya suatu bisnis, kenapa demikian. Dari pengalaman konsumen menggunakan produk kita apabila merasa senang atau puas tidak menutup kemungkinan terjad repeat order yang tentunya mempengaruhi inbdikator kepuasan pelanggan tersebut.

7. Kualitas

Kualitas jadi hal selanjutnya yang sangat penting terkait dengan kepuasan pelanggan. Tentunya juga sebagai indikator kepuasan pelanggan. Konsumen yang membeli produk pasti memiliki ekspektasi produk yang di beli memiliki kualitas yang bagus seperti misalnya produk yang awet. Apabila barang yang di beli cepat rusak atau tidak bertahan lama tentunya membuat pelanggan kecewa yang bisa memberikn ulasan buruk dengan bisnis kita. Maka dari itu penting bagi pebisnis untuk memperhatikan kualitas dari produk tersebut.

Kesimpulan

Dari artikel tersebut kita sudah mengetahui point – point penting terkait indicator kepuasan pelanggan. Selalu perhatikan dan selalu focus dengan bisnis yang sedang di jalankan menjadi kunci sukses.

Tetapi untuk mengembangkan bisnis tidak cukup hanya dengan berpegangan dengan indicator kepuasan pelanggan. Hal lain yang perlu di perhatikan adalah strategi pengembangan bisnis termasuk di berbagai platform seperti media sosial. Seperti yang telah di bahas di salah satu point di atas tentang akses yaitu penggunaan website. Wbsite merupakan platform yang dapat memudahkan konsumen mengakses layanan termsasuk katalog. Dimana bisa di akses kapanpun dan jam berapapun tanpa harus ke toko offline informasi bisa di dapat dengan cepat dan mudah. Oleh sebab itu strategi untuk pengembangan sangatlah penting. Jangan mudah menyerah tetap semangat dan yang tidak kalah penting tetap focus !.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *