Pentingnya Branding
Branding menjadi hal yang penting dalam usaha atau bisnis untuk meningkatkan bisnis atau usaha. Perusahaan bisa meningkatkan usaha atau bisnisnya dengan sadar akan pentingnya branding. Sebaliknya kurangnya kesadaran akan pentingnya branding akan membuat sulitnya dalam memasarkan ataupun meningkatkan usaha atau bisnisnya.
Maka dari itu branding bisa mengantarkan kedalam kesuksesan, brand yang besar dan terkenal bisa sukses karena adanya branding. Tapi apa kalian tahu apa itu branding?. Selanjutnya kita akan lebih memahami tentang arti dan manfaat branding.
Arti Branding
Kamupasti sudah pernah dengan istilah branding, tetapi sebelum memahami tentang branding kita pahami dulu ap aitu arti brand.
Brand adalah identitas yang menjadi pembeda dengan yang lainnya seperti karakteristik, simbol atau istilah sebuah produk atau jasa. Oleh karena itu, Branding adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk membangun, mempertahankan dan memperkuat identitas brand. Dengan adanya branding maka orang akan lebih gampang mengenali sebuah brand dengan cepat.
Selain itu, branding bisa menjadi identitas yang kuat dari sebuah perusahaan seperti image dari perusahaan itu sendiri di pandangan masyarakat. Seperti branding dilihat dari segi warna juga memiliki kekuatan tersendiri dari perusahaan. Warna mampu memudahkan perusahaan untuk mengenalkan brand.
Meskipun butuh waktu, perusahaan akan melakukan upaya untuk branding untuk mencapai tujuan – tujuan yang diinginkan. Hal itu di lakukan karena branding memiliki manfaat dan memiliki peranan yang penting di dalam perusahaan yang sukses.
Elemen Branding
Branding memiliki beberapa elemen dimana elemen elemen tersebut bisa menjadi identitas dari brand tersebut. Berikut ini beberapa elemen – elemen branding yang perlu di ketahui :
1. Logo
Logo adalah suatu identitas atau kepribadian sebuah usaha yang di tuangkan dalam bentuk logo. Untuk menciptakan branding bisa selalu menampilkan logo tersebut. Menampilkan logo bisa di dalam kartu nama, banner iklan atau penawaran, social media, produk, dokumen perusahaan dan setiap template yang di gunakan.
2. Warna
Warna menjadi salah satu elemen yang penting dari sebuah branding. Branding yang berhasil adalah branding di mana orang bisa langsung mengenali sebuah brand hanya dengan melihat warna. Seperti perusahaan web developer ternama yaitu Cerise yang menggunakan warna merah muda. Kenapa demikian, secara tidak sadar masyarakat bisa langsung mengenali langsung dari warna secara cepat. Brand yang berhasil melakukannya akan memudahkan untuk mengembangkan perusahaan dan semakin mudah untuk dikenali.
3. Font
Font menjadi hal yang penting dari brand dimana setiap merek pasti ada tulisannya juga. Pemilihan font harus di tentukan secara matang. Pemilihan font harus memiliki alasan agar apay g ingin di tunjukkan bisa tersampaikan dimana dapat menjelaskan atau melengkapi untuk menjelaskan nilai dan kepribadian dari merek atau brand tersebut.
4. Slogan
Slogan menjadi salah satu elemen yang tidak kalah penting dengan lainnya. Penempatan slogan kerap kali di sandingkan dengan brand sendiri. Hal itu membuat orang yang mengingat slogan tersebut secara tidak sadar juga mengingat brand yang memakai slogan tersebut. Saat ini hamper semua perusahaan selalu memakai slogan untuk meningkatkan branding mereka. Lalu apa arti slogan itu sendiri?, slogan adalah cara perusahaan atau brand mengomunikasikan layanan atau penawaran yang unik.
5. Citra
Citra yang terbentuk pada perusahaan bisa menjadi identitas perusahaan itu sendiri sehingga mampu menjelaskan secara tidak langsung. Hal yang menjadi penjelas dari berbagai unsur dari brand itu sendiri. Lalu apa itu citra?.
Citra bisa juga disebut dengan imej adalah kombinasi atau kumpulan jenis gambar untuk di gunakan sebagai pencitraan dari brand tersebut, periklanan, dan juga pemasaran. Dalam hal ini bukanlah unsur yang spesifik seperti logo atau konten tetapi ini adalah pilihan gambar yang di gunakan, gaya tampilan dalam website dan lainnya, Dan juga estetika secara keseluruhan termasuk brand usaha itu sendiri.
Baca Juga : Apa Itu SSL
6. Positioning atau Penempatan Merek
Sebuah merek biasanya memliki beberapa strategi untuk brandings selain itu juga memiliki dampak berbeda beda. Misalnya sebuah brand memberikan harga murah dalam penawarannya untuk menjelaskan brandnya memberikan pilihan yang lebih ekonomis. Sebaliknya merek dengan harga tinggi menawarkan dan juga menyajikan produk yang memiliki target pasar berbeda. Brand seperti ini juga di kenal dengan brand misterius dan eksklisif. Penempatan atau positioning sebuah brand menjadi hal yang penting lalu apa yang di maksud dengan positioning?.
Positioning ialah penempatan sektor pasar yang diisi oleh merek tersebut. Selain itu pada saat anda menentukan persona merek, anda juga menentukan 2 hal yaitu bagaimana anda menempatkan merek anda dengan merek – merek lain dan yang berikutnya adalah menentukan apa yang di tawarkan kepada pembeli.
Dengan elemen ini pembeli bisa mengidentifikasi tentang brand yang sedang di bangun sehingga memudahkan untuk lebih mengenal brand itu sendiri.
7. Bentuk
Bentuk ialah bagian lain dari strategi secara keseluruhan branding. Elemen bentuk disini mencakup banyak aspek, bukan hanya bentuk dari logo saja tetapi juga bentuk latar belakang website, kemasan, desain penempatan, penawaran seperti selembaran dan media lainnya.
Makna dari bentuk ini ialah dengan selalu konsisten dalam menggunakannya dan tidak harus menggunakan satu bentuk saja. Misalnya di dalam brand terdapat beberapa bentuk yaitu kotak dan segitiga dalam pemakaiannya anda harus konsisten. Dengan konsisten maka masyarakat akan cepat mengenali brand tersebut karena melihat secara berulang. Itulah beberapa point elemen pentingnya branding untuk meningkatkan atau mengembangkan usaha. Jika anda ingin membuat usaha atau bisnis anda bisa di kenal oleh banyak orang maka bisa terapkan elemen – elemen di atas.